Jul 11

DIY bike lamp – kreativitas tanpa batas

Kali ini saya akan berbagi tentang kreativitas (bahasa keren untuk ngakal) terkait dengan kegiatan bersepeda di malam hari, yaitu PENERANGAN untuk sepeda.

Di pasaran, sebenarnya sudah banyak produk BIKE LAMP yang cukup melegenda, seperti Cat Eye, Nite Rider, dll yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Namun berdasarkan pengalaman, untuk mendapatkan kualitas penerangan yang memadai berbanding lurus dengan dana yang dikeluarkan. Produk Cat eye misalnya, untuk tipe Sumo, harganya sudah di atas 1,5 juta, dan untuk Nite Rider, bahkan di kisaran 2 juta rupiah.  Read the rest of this entry »

Jul 06

first NR ever… TW Bike Park

berawal dari ajak teman-teman Gojel, yang sudah sempat saya floorkan ke trit dan grup, terlaksanalah agenda Night Ride ke Tutur Welang.

Night Ride …. sebuah kegiatan bersepeda yang belum pernah saya lakukan selama saya menggeluti hobi bersepeda. Bukan kerana faktor teknis, tetapi sekedar karena masalah waktu saja yang tidak tepat.

Tetapi, karena ini momennya Ramadan, dan saya sempat sudah menyatkaan untuk vakum dulu bersepeda … tetapi godaan untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini semakin menguat.

Akhirnya dari KoskasMalang hanya saya sendiri yang berangkat, bersama dengan teman-teman dari Gowes Jelajah, Pedal Alas dan Polygon Team. Read the rest of this entry »

Apr 20

Hybrid MTB – mengembalikan arti bersepeda ke jalan yang benar

Seolah-olah penulis masuk ke jurang kegelapan saja sehingga harus dibawa kembali ke jalan yang benar hahahaha…. tapi memang sedikit banyak ada benarnya juga.

Saya mengawali bersepeda di awal tahun 2006-2007 dengan genre Light XC, bahkan cenderung bisa dikatakan ke arah ROAD bike dengan sepeda MTB. Artinya bersepeda melalui jalan aspal di perkotaan dengan sedikit sentuhan perkampungan adalah yang saya lakukan pada awal-awal mengenal sepeda.

Dengan gaya bersepeda seperti ini, otomatis tujuan utama bersepeda bisa tercapai dengan maksimal, yaitu membakar kalori, lemak, menguras keringat, melatih nafas dan jantung serta otot kaki. Lambat laun, gaya bersepeda pun berubah sejak mengenal nikmatnya bersepeda blusukan ke hutan atau dengan kata lain XC Trail dan mengarah ke AM. Bahkan terakhir, saya sempat mencicipi track Downhill mengunakan sepeda AM. Read the rest of this entry »

Apr 14

Mountain Biking – ketika nyali aja gak cukup

Judul yang seolah-olah sangat provokatif dan underestimate.

Tapi memang benar demikian adanya. Olah raga Mountain Biking atau lebih sering disebut MTB dengan beberapa genre yang mendekati tataran high-risk (AM – FR – DH) membutuhkan banyak hal selain hanya NYALI. Ada dua hal penting yang perlu benar-benar diperhatikan saat kita ingin memanjakan diri bermain sepeda gunung. Dua hal tersebut adalah

1. Skill dan Teknik – sesuatu yang perlu dilatih dan diasah secara rutin sehingga jika dikombinasikan dengan NYALI akan sangat signifikan hasilnya.

2. Safety – Banyak pilihan untuk melengkapi diri dengan perangkat keselamatan (safety gears) ketika bersepeda gunung. Yang paling minim adalah HELM, disusul dengan Knee Pad / Shin Guard, Elbow Guard, Chest Protector dan yang terakhir Neck Brace.  Read the rest of this entry »

Apr 11

Track Sirah Kencong – Pesona luar biasa semoga tetap terjaga

Puji syukur kepada Allah SWT yang masih memberikan kesehatan, kelonggaran waktu dan kesempatan kepada kita semua sehingga atas perkenanNya kita bisa tetap bersepeda sebagai realisasi dari semboyan yang baru-baru ini ngetrend, “Tuhan bersama orang-orang yag besepedah”.

pertama-tama saya ucakpan terima kasih kepada Pak Yamek Matadewa yang konon kabarnya adalah yang pertama kali memperkenalkan Track Sirah Kencong kepada para penggiat MTB Adventure

yang kedua, saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman BFB, Cak Arif, Cak Ovan dan kawan-kawan Blitar atas undangannya mencicipi track Sirah Kencong.

yang ketiga, terima kasih kepada teman-teman KoskasMalang: Read the rest of this entry »

Apr 09

1×10 rasa 1×11 – cara baru bersepeda

Setup 1×10 rasa 1×11 … itulah tagline yang diusung oleh produsen BIG COG seperti Oneups component dan Wolftooth. Beberapa forum MTB online seperti MTBR sudah ramai sekali membahas masalah ini, termasuk settingan dan kombinasi RD yang digunakan …

Nah kali ini saya ingin berbagi tentang settingan yang saya pakai.

Untuk COG saya ambil punya 42T OneUps componen yang secara online dijual seharga 100$ plus bea masuk ke Indonesia (Bea masuk 5%, PPN 10%, PPh 22 7,5%) dan sampai ke Indonesia kurang lebih 1 bulan. Read the rest of this entry »

Nov 14

eM Client – cara baru manage gmail tanpa browser

Semenjak google memperkenalkan chrome yang dilengkapi dengan fitur sign-in user, lengkap dengan berbagai add ons dan applikasinya, kegiatan pekerjaan yang melibatkan fungsi GMAIL menjadi sedikit agak terganggu. Di satu sisi, fitur Sign In ini sangat membantu dalam hal preferensi setting, aplikasi yang sering dibuka (misalnya tweetdeck, youtube, calendar, dll), namun di sisi lain, cukup merepotkan apabila harus switch account karena preferensi pada salah satu account tidak ada pada account lainnya. Misalnya, ketika kita bekerja menggunakan email dan calendar pada account A (gmail), sementara untuk youtube dan G-Plus kita menggunakan account B, maka akan menjadi kerepotan tersendiri, dan terpaksa harus membuka jendela baru dengan modus Incognito agar setttingan account Chrome A tidak ikut pada operasi account B.

Read the rest of this entry »

Nov 11

Cara bikin WiFi Portable Dengan GSM Modem + WiFi Router – mudah ternyata

Semalem saya ditelpon atasan terkait dengan rencana kegiatan workshop di salah satu hotel di Batu. Intinya, pihak hotel tidak bisa menyediakan koneksi internet untuk seluruh peserta Workshop sehingga harus diadakan sendiri oleh panitia. Berikut dialog yang sederhana tapi cukup menginspirasi.

A: Mas, untuk acara hari sabtu, pihak Hotel tidak bisa menyediakan WiFI, sementara temen2 peserta workshop pasti butuh WiFi. Kira-2 bisa gak kita sediakan sendiri.
B: (mikir. ….) Secara teknis bisa, nanti saya cari caranya.
A: Berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk alatnya?
B: Ya kira-kira 500rb untuk alat, dan 100rb untuk koneksi internet Flashnya.
A: Ya sudah, coba diatur saja.

Lalu saya pun memutar otak gimana membuat WiFi Hotspot portable pake modem GSM yang bisa menampung sekitar 10 clients. Tak lama kemudian, *cling nemu deh caranya tanpa keluar duit beli GSM Router di www.connectify.me/

Read the rest of this entry »

Older posts «