«

»

Oct 07

Menggenjot Performa KLX 150 – tanpa menghilangkan garansi

Mungkin bagi sebagian orang yang memang suka modif dan ngoprek mesin, garansi pabrik atau dealer tidak ada artinya meskipun motor baru dibeli dan bahkan STNK saja belum keluar. Tetapi bagi saya, garansi pabrik/dealer masih tetap menjadi pertimbangan utama.

Nah, sekarang bagaimana caranya supaya kita  bisa meningkatkan performa motor trail KLX 150s tanpa menghilangkan garansi sehingga motor bisa digeber di tanjakan perbukitan, lumpur namun tetap nyaman dipake di jalan raya?

Dari beberapa informasi yang saya peroleh, sebenarnya performa mesin KLX 150s ini sudah sangat memadai untuk kebutuhan tersebut, asalkan tidak untuk lomba. Untuk tujuan adventure, motor dual purpose ini sangat pas sekali. Kita hanya perlu menyesuaikan atau mengganti beberapa komponennya dan performa keseluruhan KLX 150 sudah bisa digenjot.

AfamTrans

Yang patut mendapat perhatian utama dalam upaya peningkatan performa adalah rasio sprokret depan belakang. Untuk meningkatkan performa tarikan motor ini, rasio final gear mesti di perbesar, bisa dengan mengganti gear belakang atau gear depan.

Berikut ini perbandingan rasio adalah sebagai berikut: Rasio standar bawaan pabrik adalah 14 : 44 sehingga final gear rasio adalah 3.142857

Ada beberapa alternatif penggantian gear belakang yang dapat dipilih misalnya:

  • 14 : 47 final gear rasio menjadi 3.357143 naik dari rasio standar, cukup bagus untuk menaikkan torsi tanpa mengorbankan top speed.
  • 14 : 48 final gear rasio menjadi 3.428571 naik dari rasio standar, sangat bagus menaikkan torsi top speed mungkin akan turun tapi tidak signifikan.
  • 14 : 50 final gear rasio menjadi 3.571428 naik dari rasio standar, menaikkan torsi secara ekstrim tapi top speed akan dikorbankan and pasti boros bensin.

Namun, yang menjadi masalah sampai saat ini belum ada di pasaran gear belakang untuk KLX150, sehingga cara yang ditempuh adalah menggunakan gear motor lain dengan merubah lubang baut dengan cara bubut, dgn resiko kalau gak presisi ya jadi brantakan.

Alternatif lain dengan merubah gear depan sbb :

  • 13 : 44 final gear rasio menjadi 3.384615 naik dari rasio standar, sangat manis untuk menaikkan torsi tanpa mengorbankan top speed. Lihat perbandingannya dengan rasio diatas, berada diantara 14 : 47 dan 14:48.

Kelebihan lain dari perubahan ini, gear depan dengan gigi 13 sama dengan gear kawasaki kaze, banyak ada di dealer kawasaki, plus perubahan ini
tidak mengharuskan kita ganti rantai.

Selanjutnya yang perlu disesuaikan adalah kaki-kaki. Agar lebih dapat mencengkeram dan menapak dengan sempurna di tanah (apalagi tanah berlumpur) ban perlu diganti dengan gigi-gigi yang lebih jarang dan dalam. Alternatif yang bisa dipakai adalah ban Kenda, Swallow Terra Cross atau ban lain yang sesuai dengan kemampuan budget.

Knalpot juga bisa memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam meningkatkan performa. Dengan mengganti  knalpot standar dengan knalpot freeflow macam AHRS, R9 atau knalpot racing lain yang banyak di pasaran, peningkatan performa dapat kita capai dengan cukup signifikan.

Kebetulan saya dapet informasi tambahan tentang knalpot, hasil komparasi dari majalah otomotif (sayang AHRS ga masuk).

keterangan: P=Power, T=Torsi

Standard:
P = 10,33 dk, T = 10,06 Nm
(ternyata kecil banget)

1. Nojikawa (600 ribuan)
P = 10,91 dk, T = 10,70 Nm

2. R9 (1,5 jutaan)
P = 10,91 dk, T = 10,52 Nm

3. HRP (2 jutaan)
P = 10,81 dk, T = 10,41 Nm

4. CLD (1,3 jutaan)
P = 10,86 dk, T = 10,41 Nm

5. 2 Brothers (kemahalan)
P = 10,66 dk, T = 10,43 Nm

Mungkin AHRS ada di level Nojikawa ya, kalo dilihat dari kisaran harganya yang 650rb an. Kalau melihat dari hasil komparasi di atas, ternyata perbedaan output yang dihasilkan tidak terlalu signifikan antara knalpot murah dengan mahal he he he … tapi siapa yang tau hasil praktek di lapangan kalo ga nyoba langsung.

Komponen selanjutnya yang dapat diganti tanpa menghilangkan garansi pabrik adalah CDI. Seperti diketahui, CDI KLX bawaan pabrik mempunyai keterbatasan dengan dipasangnya limiter sehingga mentok hanya sekian RPM saja, tidak bisa lebih dari itu. Jika diganti dengan CDI Aftermarket semisal BRT, kemungkinan performa akan dapat ditingkatkan lagi secara signifikan.

Komponen terakhir dan mungkin merupakan pilihan terakhir adalah karburator. Dengan mengganti karburator dengan karburator yang lebih gede akan dapat menambah pasokan bahan bakar ke dalam mesin sehingga otomatis peningkatan kinerja dapat diperoleh lagi secara signifikan. Namun harus diingat, jika settingan karburator tidak pas maka justru akan mempersulit kita karena biasanya pergantian karburator yang lebih besar harus mengubah settingan intake maupun exhaust system di dalam mesin (yang otomatis harus ngoprek). Ini yang ingin saya hindari. Sehingga, opsi karburator sementara bisa ditinggalkan dulu

Kesimpulannya, rasio gigi, ban, knalpot dan CDI adalah wishlist bagi yang ingin meningkatkan performa KLX nya sehingga bisa melibas medan off-road dengan sempurna dan tanpa kesulitan.

Semoga bermanfaat.

35 comments

2 pings

Skip to comment form

  1. agus

    Bro ane pake KLX 150, ban udah ane ganti pake 18-21 shock depan ane tinggiin pake penyambung,shock belakang masih standar namun perasaan bagian belakang masih kurang nangkring,gimana caranya biar nambah jangkung lagi belakangnya???? Makasih bro

  2. Adam

    Permisi saya dari balikpapan,saya mau ngasi saran (soalnya punya saya begini :D )
    CDI BRT dualband,koil yz25,kaskop bubut 1mm gan,piston kit naikin dikit dari standar,karbu PE 28 ato masi ilang gas reamer aja 30,noken AS ganti,Klepnya juga,kalo velg udah 21-19 gir depan 14-52 :D sambung rantai/beli thd,kalo masi standar pake yang 13-48 gan,kalo 50 gas dikit wheelie,bannya kalo cross,adventure yang ,swallow Xtreme aja:D,gas spontan roll/biasa (roll mahal tapi bagus :D ),dah mau ngapain aja enak itu gan,adventure,cross,dtracker,enduro,…. persiapkan mental gan karna ni motor digas bisa ngangkat tanpa make cluth XD

  3. beni suharto

    mas kolo masih standard semua itu yang pertama di korek itu apanya??? untuk menambah perform?

  4. rudhy

    Mas sy mau nanya,klx type apa yg paling bagus dipakai buat adventure.

  5. eko wah yu.s

    tetesan darimana dulu … kalo dari tanki ya bisa saja karena memang ada saluran udaranya …

    untuk gear depan bisa pake punya kawakasi kaze …
    yang penting ketebalannya sama pasti bisa masuk

  6. BUDIANTO

    - Mas mo tanya neh, aku pengguna Klx 150. Secara tdk sengaja aku memiringkan ke kiri, tiba-tiba ada tetesan BBM keluar. Apakah semua Klx 150 kalau dimiringkan seperti itu ?
    - Apakah Gear depan semua motor bisa masuk untuk Klx 150 ?

    Thank’s…..Kutunggu Jawabannya Mas !

  7. matius

    permisi agan2 sekalian…
    gwn newbi ni…
    mau nanya ad yg tau ga nyari body klx 140?gw bener2 minat bgt ni….yg asli jg ane tampung gan…
    tolong ya recomend

  8. tod

    bro klo mo gnti ring 17 ukuran brp yah yg cucok? tanpa gnt arm loh! thnx b 4

  9. Ataka

    gmn cara seting PE 28 biar enak di klx, tk

  10. Adi

    Apa benar kalau ganti cdi klx/dtraker bisa bikin gigi stater jebol ..mohon pendapatnya…..trim.s broo

  11. Bur

    sy akan coba di KLX 150

  12. Adib

    Nimbrung ah; ban 18/21,tromol di bor(nambah lobang ruji-aman kok-1 thn dipake extreme gak papa).gear blkng 51,rante ori tp nambh mata.knalpot nojikawa(ganti saringan+gaswol biar gk cempreng),stang+raiser,sepatbord dpn blkng KX 250,Engine guard,shock dpn perpanjang 7cm+tambh oli,handguard,cover shock dpn,per kopling tiger.tampang dah KX 250 Wanna Be lho!..he..mau ganti CDI tp kan harus minimal porting polish dan karbu PE28, apa garansi gak hilang??.

  13. yoza

    ikut pamer.,,hheee

    karbu Keihin PE-28 ORI
    CDI = BRT dualband
    knalpot = R9
    Per kopling = Honda Tiger ORI
    Ban = Kenda Budscreek
    USD = kx 85
    Final gear = 13-50
    stang + handguard = acerbis

    Mantap gan.,cuma ada yg kurng.,punya info body kit klx-140 gk?

  14. julham

    pake knalpot racing
    trus ganti knalpot standart bunyi mesin jd agak kasar knp y

  15. idham

    knalpot yang mantep buat KLX apaan bos?? Trims.

    1. eko wah yu.s

      saya pake AHRS vektor… kalo yang mantep sih mungkin yang mahal kali ya …. he he he

  16. styvie

    bro aku uda ganti gear depan mata 13 punya kaze, mau tnya kalau aku mau ganti jg gear belakang yg 47,48 n 50 apa bisa dng gear depan uda 13 atau hrus blik lg k gear mata 14 untk ganti gear belakang dng mata yg tersebut di atas…. atau mohon referensinya yg lebih baik bro….terima kasih sebelumnya…

  17. ecko doglas

    kmrn ak ambil klx. stnk lum kluar tp mtr sdh tak hlgin lampu N gnti stang AHRS. rencana pngen gnti knalpot& gas spontan tp enknya pk ap soale kabel karbu narik 2

    1. eko wah yu.s

      biasanya sih kalo pake gas spontan otomatis karbunya juga ganti …

      kalo ga gitu cuma dipake 1 aja ulirnya ….

      sementara untuk saya tidak ganti gas spontan karena tidak terlalu signifikan untuk offroad adventure

  18. fadjar

    Kalau gear 13:48 (saat ini yang tersedia) kira-kira dapet rasionya berapa oom? Mesti ganti rantai 428 juga kah?

    1. eko wah yu.s

      13:48 kayaknya bakalan seperti konfigurasi 14:51 karena 1 penurunan mata gir depan kurang lebih sama dengan kenaikan 3 mata gir belakang.

      Untuk rantai coba dulu rantai bawaan, saya rasa cukup.

  19. eko wah yu.s

    @choki … saya lagi nunggu pencairan dana dari bendahara untuk nebus CDI BRT yang 450rb an…

    kata bengkel sih ini yang paling pas…

    kalo ga dipake buat kompetisi saya rasa CDI ini sudah lebih dari cukup.

    Selain naekin performa, pemasangannya pun tinggal plug and play sudah pas dengan colokan CDI KLX… abis itu tinggal setting karbu saja udah beres…

    ga perlu korek2 jeroan mesin udah bisa gahar koq …

  20. choki

    mo nimbrung nih….., si mata elangku (nama dr KLX 150q nih) sdh berumur 4 blnan. CDI yg plng cocok pa yah…? thankx B4

  21. eko wah yu.s

    @hendro,
    Beberapa teman jg mengalami masalah yg sama. Meski shock depan udah diganti USD seharga 9jt sekalipun, dia masih kesulitan untuk ganti shock belakang.

  22. hendro s

    waow baru nemu info yg lengkap gini, klx barusan launch dah pada piawai ya…ada info specs up shock absorber belakang gak ya…? Rebound terlalu cepet, maunya rebound bisa slow/smooth kaya` KX punya..

  23. eko wah yu.s

    @awan, kalo anda berminat bisa saya bantu untuk nyari knalpot di jawa… silahkan kontak lewat form Contact Us.

    Kebetula saya punya bengkel rekanan yang lumayan bagus dan terpercaya (tempat saya beli knalpot AHRS kemaren).

  24. awan

    Mas, ada bengkel yg dipercaya gak, soal nya tempat aku sulit cari knalpot buat Ulek_iJo, blum ada ditoko2 variasi tempat aku, oh ya, aku tinggal di jambi, br 1 bln pake KLX, Trims sbelum nya.

  25. eko wah yu.s

    @extreme …wah mantab tuh .. tadi sore saya barusan dapet sms kalo knalpot ahrs ud ready … besok rencana mo cek barang dan test drive…

  26. extreme 383

    punya aku gear 13:44. Knalpot nobi( tutup saringan dpn dan blk. Bagi 3 bagian). Cdi racing. Main jet 120, pilot 38. Intake dihaluskan sok dpn tambah oli . Hasilnya sangat memuaskan

  27. eko wah yu.s

    wah udah lumayan lama berarti…. udah diajak off-road kemana aja nih, he he he.

    Punya saya baru umur 1 bulan ud nanjak ke bromo ha ha ha ha

  28. 4diti4

    kebetulan si ijo begitu saya menyebut klx kesayangan saya , bukan kolor ijo loh ….saya indent pertengahan maret datang 31 April 2009 itu tgl kelahirannya he he he …jadi Si Ijo dirumah adlah kiriman pertama untuk wil jatim itu sih menurut Dealer …pamer mode on he he he …termasuk dikasih braket kayak punya TS dan engine guard mas …..

  29. eko wah yu.s

    @4diti4…Wah… sudah servis ke-3? saya aja servis ke-1 belum… tar bulan depan baru servis 1.

    Katanya dapet bonus knalpot nojikawa sampe sekarang ga dateng2… tar keburu ambil AHRS ato R9 wkwkwkwk…

    Rencana sih abis servis 1 mo rombak total, ganti CDI, ganti gir depan/belakang sama stang ditambah raiser biar lebih mantab kalo masuk hutan.

    Kalo untuk Sabhawana IV, saya sih belum dapet informasi resminya, tapi denger2 sekitaran 7-8 November 2009.

    1. ketut berut

      mas saya mau tanya tentang mengenjot klx 150s, kalo saya mau pake pelek 21-18 gimana cara ngitung penggunaan GIR nya , apakah ada pengaruhnya terhadap torsi ato top speednya kalo saya gunakan yg standard…terus untuk ke stabilannya gimana?

      1. eko wah yu.s

        barusan kemaren modif 18-21 punya temen.
        Otomatis kalo ganti 18-21, GiR harus ganti.
        tidak lagi bisa pake patokan seperti yang tercantum pada tulisan ini.

        Idealnya, untuk offroad, Gir yang digunakan adalah 13-55. Tapi berhubung kemaren motor tidak digunakan full untuk offroad, akhirnya pake 14-55.

        Penggantian kombinasi gir seperti ini selain untuk ngejar torsi, ya untuk meringankan beban mesin. Istilahnya biar mesin tidak ngejer…..

  30. 4diti4

    Oh gitu yah gpp mas , artikel yang ini informatif banget, kebetulan saya lagi cari2 knalpot yang pas dan sesuai budget eh ternyata komplit plit infonya jadi tahu perbandingan dg merk lainya yang lebih mahal tanpa beli dulu he he he , kemarin baru servis yg ke 3 , dan nanya knalpot nojikawa plus penggantian CDI di beres Kawasaki terdekat ternyata harganya untuk knalpot 450 rb dan cdi 650 rb . oh ya minta info event kanjuruhan – sabhawana IV , trims

  1. Gir Mata 51 buat KLX 150 « KLX Adventure

    [...] WOWWWWWWWW … sekali hentak motor udah terangkat tinggi. Memang, seperti tulisan saya pada artikel sebelumnya, penggantian gir belakang dengan mata 51 ini benar-benar meningkatkan torsi secara [...]

  2. Gir Mata 51 buat KLX 150 - akhirnya dapet juga | eko wah yu.s - indahnya menapaki hidup...

    [...] WOWWWWWWWW … sekali hentak motor udah terangkat tinggi. Memang, seperti tulisan saya pada artikel sebelumnya, penggantian gir belakang dengan mata 51 ini benar-benar meningkatkan torsi secara [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>