«

»

Jan 06

Apakah Anda Menang Undian? – hati-hati dengan penipuan dan gendam!

Mungkin kita semua pernah mengalaminya. Menerima sms atau telpon yang menyatakan bahwa kita menang undian berhadiah dan ujung-ujungnya diminta untuk mentransfer sejumlah uang sebelum menerima hadiah tersebut. Mungkin cerita ini dapat bermanfaat bagi anda sehingga anda dapat terhindar dari upaya penipuan atau bahkan gendam dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa hari yang lalu, Istri saya menerima telpon dari seseorang yang mengaku dari Telkomsel Jakarta dengan nomor 081210878211,  yang mengatakan bahwa nomor Kartu Halo istri saya menang undian telkomsel poin sebesar Rp 15 juta. Orang tersebut menyuruh istri saya untuk menelpon nomor 02132654949 untuk informasi lebih lanjut. Karena mungkin penasaran, istri saya menelpon nomor tersebut tetapi setelah menelpon, seakan-akan istri saya kena cuci otak dan menuruti semua instruksi dari orang yang berbicara di telpon tersebut. Saat itu orang tersebut menanyakan apakah mempunyai nomor rekening yang bisa digunakan untuk transfer, istri saya mengatakan mempunyai rekening BRI dan oleh orang tersebut dijawab tidak bisa menggunakan rekening BRI, harus BCA.

Kebetulan saya punya rekening BCA. Dan oleh orang tersebut ditanyai nomor rekeningnya, istri saya seakan-akan dituntun dan kemudian mengambil buku tabungan dan menyebutkan nomor rekening BCA saya. Selanjutnya, orang tersebut menanyakan apakah ATM BCAnya ada. Dan istri saya menjawab ATMnya dibawa suami (ya jelas dong, ga mungkin ATM saya dibawa istri saya). Orang tersebut mengatakan harus ada ATM kalau tidak ada ATM hadiah tidak bisa ditrasnfer. Nah di sinilah istri saya seolah-olah langsung sadar. Dia menjawab, “lho, kan sekarang ada klik BCA, kalau cuman ngecek saldo kan bisa lewat klik BCA, kenapa harus ke ATM?” Orang tersebut ngotot kalo ngeceknya harus ke ATM (dasar penipu goblok ga melek teknologi!). Akhirya istri saya sadar dan langsung menutup telpon.

Karena panik, dia langsung telpon ke call center telkomsel, kemudian ke Halo BCA. Telkomsel menyatakan tidak ada undian berhadiah apapun saat ini, dan BCA mengatakan kalau cuma menyebutkan nomor rekening saja tidak ada masalah, rekening masih AMAN. Baru setelah itu istri saya menghubungi saya. Pengalaman ini cukup sekali saja bagi dia karena kalau sejak awal dia menghubungi saya, mungkin dia tidak perlu repot-repot menghubungi call center telkomsel dan BCA.

Modus penipuan lainnya adalah SMS. Seperti yang dikirim dari nomor 087882778652 yang berisi:

T-SEL (777)

Kejutan POIN, hadian Rp 15 jt resmi diberikan untuk pemilik nomor 0812330xxxx. PIN-x7af2547. Untuk Info Kantor Pusat TELKOMSEL 021-23867047, 021-23867048.

Mungkin bagi yang tidak jeli bisa tertipu.. tapi bagi yang tahu, pasti akan tertawa… kenapa? Lihat saja, kalau memang dari TELKOMSEL, kenapa sms nya pake NOMOR XL? trus nomor yang dihubungi adalah FLEXI? Buat penipu, lain kali kalo mau nipu modal dikit dong… pertama: pake sms gateway sehingga nomor pengirim bisa berubah jadi TULISAN, bukan ANGKA, berikutnya pake nomor telpon Fix-LINE, jangan FLEXI ha ha ha …

Buat para pembaca, saya sarankan jika anda menerima TELPON atau SMS yang isinya undian berhadiah, jangan diikuti, segera tutup telpon anda atau abaikan/hapus sms tersebut. Emangnya gampang sekarang cari duit 15 juta?? Gaji berapa bulan tuh?? Uang tidak semudah itu jatuh dari langit.. kerja keras dan usaha yang gigih baru bisa menghasilkan uang.

Saya yakin penipu tersebut memanfaatkan kebingungan dan rasa penasaran orang yg menerima telpon/sms dan dari sekian nomor yang menjadi target dia berharap ada salah satu yang menjadi korban. Lumayan kan, kalo dari 100 nomor yang dituju ada 1 nomor yang nyangkut terus berhasil menipu Rp 1jt saja, minimal modal sms 100x udah balik (itu kalo bayar, kalo smsnya gratis malah lebih untung lagi).

Modus lainnya seperti yang diceritakan saudara saya yang kerja di BRI adalah menyuruh registrasi sms banking. Ada pula yang memanfaatkan slip penarikan dengan sistem overbooking alias pemindahbukuan. Jika ada instruksi seperti ini, abaikan saja, tidak usah dituruti. Ingat, undian Puting Beliung BRITAMA selalu diumumkan lewat media massa, tidak pernah lewat TELPON!!

Semoga kita semua terhindari dari upaya-upaya penipuan ini. Jaman udah susah, jangan dibuat susah lagi deh…

12 comments

Skip to comment form

  1. emon

    makasih banyak atas pemberi tahuan anda sngat berman faat bagi kami….

    tapi saya ingin cerita pada kalian
    ibu saya mendapat telpon dari seseorang yang mengaku dari pusat bahwa ibu saya mendapat kan hadiah dari telkomsel…
    apkah benar?
    kata orang tersebut dia tidak berbohong bahwa dia tidak meminta apapun dari ibu saya dia hanya meminta telepon balik k’no tersebut klo tidak percaya ibu sya suruh datang kepusat’a langsung…..

  2. lea

    thanks bg sran’a brguna bgt,coal’a baru kemaren adx q dpt tlfn yg kta’a dr telkom jakarta,dy memenangkan hadian sebuah sepeda mtor dan uank 1 jt.gratis tampa pajak apapun tp y itu,adx q d sruh ngbungin pusat yg ada d kota q.

  3. Lestari

    Iya,,,

    saya juga dapat sms ini,
    dengan format tulisan dan bahasa nya cukup kuat untuk dipercaya. saya search by google dan nemu artikel ini.

    Dan point yang membuat aq tersadar adalah saat dikatakan di atas kalo memang benar dari simpati, kenapa nomor pengirimnya dari 08981832889.

    Setelah saya baca ini saya langsung sms balik trus aq ledekin deh dia penipu.
    hahahhaha

    dasar penipu kelas teri busuk.

    Thanx ya udah share artikel ini.

  4. Toni E.G

    Terima kasih …

    saya juga baru mendapat telepon semacam itu…

    No. Penelepon (Si Penipu) :
    081279443052

  5. mukholik

    hari ini tgl 10 agustus 2010 saya mendapat sms dari drs. bachtiar no. 081342299967, yang isinya bahwa saya menang UD.cek 75 jt, dari simpati pede, periode I 2010, mohon informasi dari simpati pede benarkah hal tersebut.
    dari mukholik hp. 081371296496

  6. sudartose

    thanks, ya kang infonya, yang penting jangan terkecoh manusia2 penifu

  7. asia

    he he he makasih banget infox sobat, met menunaikan ibadah puasa saja sobat

  8. eko wah yu.s

    @suci, semoga anda bisa lebih waspada dan terhindar dari upaya penipuan orang yang tidak bertanggung jawab

  9. suci

    makasih karena udah cerita pengalamannya, saya juga hampir ketipu…

  10. Jien

    Hati jg dgn nomor 081210719105,menelepon dgn mengatasnamakan telkomsel

  11. rudi

    Salam Kenal, Bang!.
    Sorry, ye postingan abang yang ini saya kirim ke blog saya di ikutan-sukses.blogspot.com

    Ya, barangkali bermanfaat baguat teman-teman saya.

    Bolehkan? Terima kasih.

  12. Adi

    he untung beliung britAma, duduk puting beliung!!??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>