«

»

Dec 26

Battery Grip / Vertical Grip – perlu ga sih?

Berhubung kepala masih pusing mikirin lensa 17-40L yang blon bisa kebeli, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Battery/Vertical Grip dulu untuk 400D. Baru kali ini saya beli barang tanpa riset terlebih dulu dan melakukannya setelah beli barang, ha ha ha.

Setelah baca-baca sana sini, akhirnya perlu memunculkan pertanyaan ini sehingga para pembaca sekalian bisa mengambil manfaatnya.

“Perlu ga sih sebenarnya membeli/menggunakan Battery/Vertical Grip?”

bg-main

Gambar di atas menunjukkan perbedaan antara battery/vertical grip pada EOS 400D dan pada EOS 1D (gambar tidak proporsional sesuai skala, hanya digunakan sebagai pembanding saja).

Nah, jawaban dari pertanyaan di atas sebenarnya cukup sederhana dan tidak berbelit-belit. Tujuan atau fungsi utama battery/vertical grip sebenarnya adalah sebagai tempat battery cadangan (yang dijadikan battery utama) sehingga pada saat kita melakukan suatu pemotretan/hunting, situasi dimana kita kehabisan battery yang kadang dapat menyebabkan 400D (atau bahkan mungkin juga kamera yang lain) menjadi lock-up atau hang saat battery mendekati habis.

img_4553-small

Battery grip tidak disertakan pada kamera-kamera entry level dan semi pro sementara kamera full frame atau professional sudah dari sononya dilengkapi dengan body yang sudah termasuk battery/vertical  grip. Jika ingin menggunakannya, maka harus dibeli secara terpisah (add-on/aksesoris).

Nah, manfaat berikutnya selain sebagai battery cadangan adalah fasilitas vertical grip (pegangan vertikal) yang dapat digunakan saat pemotretan portrait sehingga seolah-olah kita memegang kamera seperti halnya saat kita memegang kamera normal / motret landscape. Kondisi ini sangat membantu apalagi jika pada saat pemotretan/pengambilan gambar terutama liputan/hunting, dimana banyak sekali fotografer/orang lain yang ada di sekitar kita, maka kita tidak harus susah-susah mengangkat tangan untuk mengambil gambar portrait. Ini sangat efisien dikarenakan pada saat kondisi berjubel/banyak orang, risiko tangan kita bertabrakan dengan orang lain sangat tinggi dan hal ini sangat berisiko dan dapat menyebabkan pegangan kita pada kamera terlepas dan kamera jatuh. Ga mau kan kalo kamera kesayangan jatuh trus almarhum? he he he.

bg-5

Manfaat selanjutnya adalah pada sisi balance atau keseimbangan pegangan kamera, terutama saat dipasangi lensa-lensa berat seperti 70-200 L series atau di atasnya. Saya sendiri sudah pernah menggunakan lensa ini tanpa menggunakan battery grip, memang kecenderungan kamera nyungsep ke depan sangat tinggi kalau tidak ditopang dengan tangan kiri. Nah, mungkin (karena saat ini lensa putih tidak di tangan saya) nanti saat sudah saya pasangi battery grip, gejala ini dapat diminimalisir, sehingga pegangan tangan kanan ke kamera benar-benar jadi mantab.

bg-4

Ada yang bilang juga, penggunaan battery/vertical grip dapat mengurangi shake pada saat mencet shutter. Cuman saya masih belum membuktikannya. yang saya rasakan pertama kali saat memasang battery grip adalah KAMERA TAMBAH BERAT!!! ha ha ha ha.

Manfaat terakhir dan mungkin juga bisa mendukung hobi kita sebagai fotografer adalah dengan menggunakan battery grip, penampilan kita akan tambah yahudd dan professional-like ha ha ha …. asal hasil jepretannya juga professional-like… :D

Menurut pendapat pribadi saya, membeli battery/vertical grip sebagai investasi tidak ada ruginya dikarenakan manfaat-manfaat di atas, terutama bagian battery cadangan karena kehabisan battery akan sangat fatal akibatnya dan kita bisa kehilangan momen saat mengganti battery.

Semoga bermanfaat dan salam jepret selalu

43 comments

Skip to comment form

  1. lukman

    kalau pengen enggak menggunakan batrei grip lagi gimana caranya
    kalau saya membuka batrei grip otomatis bolong dan gimana caranya supaya bisa di pakai tanpa batrei grip ???

  2. arie

    mas kalau saya mau pakai batre grip yang untuk 2 batre,tp tetap pakai satu batre saja bisa gk, masalahnya belum punya budget buat beli satu batre lg??
    saya pakai Nikon D3000
    thanks!!

  3. edwin

    bg eko saya mau tanya nih.newbie lagi blajar.jagoan saya canon eos 1000d, mo nambah BG/VG.stelah tanya2 ma mbah google gak ada yg khusus untuk 1000d, yg ada hanya canon BG-E5 for 500D/450D/1000D (yg ini saya liat di JPC kemang).
    mnurut bg eko apakah baik2 saja kalo saya pake VG ini ke 1000D?
    mohon bantuannya bg eko.
    makasih…

    1. eko wah yu.s

      lha emang BG nya ya itu, Canon BG-E5…. bisa dipake untuk 1000D/450D/500D …

  4. andre

    bg eko saya mau tanya nih.

    kmaren baru beli canon eos 1000d, BG / VG yg cocok apa ya bg??? soalnya di kota saya, toko2 yg menjual aksesoris untuk kamera masih kurang lengkap, toko gak ready stock.
    makasih…

    1. eko wah yu.s

      Canon BG-E5 (BGE5)

      1. andre

        ok…makasih ya bg infonya.

  5. lia

    BG untuk 500D apa ya mas..??
    saya liat di jpckemang ada yg BG-E5 dan ada jug yang BG-8, mana yg paling bagus ya..??

    1. eko wah yu.s

      BG-E5 untuk 500D

  6. Delinggan

    owwhhhh..
    di dalem BG tuh ada berapa batre sih mas ?? ^_^
    batre nya harus beli lg gak, atau pas beli BG udh ada batrenya..?

    [Reply]

    1. eko wah yu.s

      Biasanya ada 2 slot untuk batrei.
      Bateri tidak termasuk, harus beli sendiri (selain bawaan)

      1. andre

        kata bg eko diatas VG ada 2 slot batre,
        nah pertanyaan saya. kalo cuma 1 batre yg di pasang gimana?
        apa bisa ato gak & ada pengaruhnya gak?
        trus batrenya sama gak dgn batre yg asli pas beli kamera, atau msti beli batre AA dulu?
        makasih…

  7. Delinggan

    mau tanya nih..^_^
    misalkan saya pasang tuh BG, terus BG itu pasang hanya menambah body (Gede) saja, apakah itu bisa ??
    dan pas kamera sekarat batre, BG saya on kan, apakah bisa ?? ^_^

    1. eko wah yu.s

      kayaknya tidak bisa, karena ada konektor yang menancap ke dalam tempat baterai. Sehingga otomatis baterai berada di baterai grip…

      1. Delinggan

        owwhhhh..
        di dalem BG tuh ada berapa batre sih mas ?? ^_^
        batre nya harus beli lg gak, atau pas beli BG udh ada batrenya..?

  8. antok

    mas,kalo beli VG apa udh dpt baterainya kah? apa baterainya kita beli sendiri?

    1. eko wah yu.s

      baterai not included alias pake baterai bawaan kamera atau beli lagi … karena batrei grip bisa muat 2 batrei sekaligus

  9. eko wah yu.s

    @Jati …

    kalo pasang tripod, ya tripod clip nya diapasang di VG-nya .. dia juga ada lubang bautnya koq. he he he

  10. jati

    Om mau Nnya nih di mana yah beli baterai grip maren muter2 Ga depet He he..Oiya mau nnya nih OM klo make Tripod gimana Dunk jadi Nya..?? kalu Terpasang baterai grip..?? kan Yang di Mur Itu dah Di pasangin VG..???? Thank yah Ommm

  11. eko wah yu.s

    @khariz… sama-sama .. terima kasih sudah mampir…

  12. Khariz

    wahh.. makasih ya buat info ya
    jadi semakin mantaph untuk beli grip ya nii.. thxx yoo

  13. eko wah yu.s

    @Yusa, istilah BG dan VG serupa tapi tak sama. Karena BG belum tentu bisa berfungsi sebagai VG.

    maksudnya begini. Battrey Grip biasanya adalah untuk tambaha bateri sementara VG, selain berfungsi sebagai tambahan batrei, dia juga berfungsi sebagai shutter secara vertikal, jadi saat posisi kamera vertikal, kita tetap bisa mengambil foto seperti saat posisi kamera horisontal.

    Gampangnya, kalo pake VG, siku kita tidak akan terangkat dan mengenai teman di samping kita saat kita motret portrait/vertikal.

    thanks

  14. Yusa

    BG sama VG tu sama kan mas?
    maklum mas masih baru

  15. donie

    mas klo harga vertikal grip nya sendiri brapa???yg utk eos 400D???

  16. eko wah yu.s

    @Indra… pada cover battrey kan ada semacam engsel.. nah pada engsel itu ada mekanisme untuk melepasnya.

    caranya, cari cutter ato obeng kecil yang bisa masuk di sela-2 engsel tersebut, anda tinggal menggesernya maka cover battrei akan lepas.

    selanjutnya, pada BG ada kompartment khusus untuk menyimpan cover battrei tersebut, anda tinggal memasukkan cover battrei yang sudah anda lepas tadi ke situ. Dengan demikian, cover battrei akan aman dan tidak akan hilang jika dipasang BG

    semoga dapat dibayangkan

  17. Indra

    Mau nanya nih om, sy baru beli BG-E3 cuma yg jadi kendala… bagaimana caranya melepas battery cover alias tutup battery pada 400D supaya BG bisa dipasang? MOHON BANTUANNYA! Trm Ksh… :)

  18. ervin

    bos admin, saya lihat review di FN. BG-E3 ori lho, ada bbrapa trouble kl disandingkan dgn 350D+batere AA. Kalo dengan lith sepertinya no trouble,hehe.
    Kalo dengan 400D milik bos gak ada masalah saya mantap mau jajan,hehe.
    €mang betul jg argumen anda ttg body 400D yang terlalu mungil, kalo disandingkan dgn lensa ukuran jumbo, jadi gak imbang, krn gaya berat jadi ke arah depan + jempol jadi pegel.
    Jadi VG ini manfaatnya banyak jg…

    trims bos admin buat atensinya…

  19. eko wah yu.s

    @potet… dulu sih beli dapet 1.4jt .. kalo harga jpckemang saat ini sih Rp 1.452.900

  20. potet

    oom mang berapa c sekarang harganya VG???jadi pengen gara paparannya

  21. eko wah yu.s

    @ervin … wah ini info baru … tapi sebentar dulu … kondisi pemakaian seperti apa? VG yg dipake ori ato third party? ingat. penyebab battrei cepet habis banyak macamnya, termasuk kondisi udara/cuaca dingin, dan kalo yang dibicarakan ini VG 3rd party mungkin saja karena sealing compartmentnnya kurang bagus sehingga batrei terekspose ke udara dingin.

    sejauh ini saya aman-aman saja, cuman sekali batrei drop hanya dalam waktu kurang dari 5 jam yakni pas di bromo, tapi karena batrei saya ada 2 biji jadi ga masalah, tinggal ganti aja …

  22. ervin

    bos admin,
    tanya lagi:
    1. Dari berbagai informasi yg saya dapat, ada yg mengalami keluhan penggunaan VG menimbulkan keluhan baterei lith-nya cepat habis dibandingkan tdk pake VG,
    bagaimana dengan pengamatan VG anda sendiri?
    2. Kalo beli VG apakah sudah termasuk/include magazine utk batt AA?

    tks
    tks,

  23. eko wah yu.s

    @ervin ga juga koq.. beli batrei tambahan hanya sebagai cadangan sehingga tidak sampe kehabisan batrei di jalan … toh pake VG pun bisa dipasang 1 batrei aja…

  24. ervin

    brarti selain beli VG, juga batere lithium-nya ya bos (selain yg di body). Harga per juni di focus, BG-E3=1,3-an+batere lith utk 400D=400an jadi kira2 1,7AN. Weleh jajan lagi nih…

  25. marwin yusman

    ooo gt ternyata hehe makasih mas atas masukannya ya… jadi pengen juga nih beli BG

  26. eko wah yu.s

    @marwin…

    battrey grip tidak ada hubunganya dengan rusaknya batrei kamera.

    batrei grip hanyalah tempat baterai tambahan, jadi di dalamnya ada magasin untuk 2 batrei litium dan 1 magasin lagi untuk 6 batrei AA.

    Nah, proses charging batrei tetep normal seperti biasa pake charger batrei, ga bisa charge langsung di batrei grip.

    justru kalo batrei grip keseringan di pasang dan dilepas, bisa aus tar baut nya he he he … so, kalo ud kepasang ya ga perlu dilepas lagi lah.. kecuali mo dijual :D

    nah, biasanya batrei yang saya pasang di dalam batrei grip hanya 1 saja, sedangkan batrei 1-nya untuk cadangan, jadi proses chargingnya bisa gantian… ga 2 batrei habis sekaligus

  27. marwin yusman

    mas.. nubie mau nanya nih, kalo batere grip itu gpp klo dipasang terus dibody ? ngak ngerusak batere kamera ? trus batere grip jg bs dicharge ya ? atau hanya mnggunakan batere AA ? sori pertanyaannya nubie banget… makasih

  28. array

    siipp.. makasih banyak mas Wahyu atas masukan2nya, bermanfaat banget buat saya dan mungkin juga yg lainnya yg lagi nyari2 informasi tentang vertical grip / battery grip

  29. eko wah yu.s

    @array, bukan saya bermaksud mendiskreditkan produk third party, tapi kalo untuk masalah life time jelas yg ori lebih bisa diandalkan. Kasus yang sama terjadi pada lensa juga, banyak yg mengalami lensa third partynya udah mulai mreteli karet/lapisan pada manual focus ring-nya…. dan tidak demikian jika menggunakan lensa first party.

    Kalo 2 tahun sih saya rasa masih cukup lah… tapi di atas itu ya ga tau lagi…

  30. array

    kalo untuk ketahanan atau life timenya bagusan mana ??
    takutnya kalo yg 3rd party baru make setahun – 2 tahun udah bermasalah, atau belum lama make udah ada sesuatu yg mulai mengganggu
    hehehe maaf nanya lagi, maklum harganya yg gak murah jadi kudu hati2 banget jangan sampe nyesel di pertengahan jalan :D

    makasih

  31. eko wah yu.s

    @array,
    untuk perbandingan head to head antara keduanya saya belum pernah membandingkan, tetapi teman-teman banyak yang bilang kalo dari sisi bobot lebih mantab yang ori, demikian pula cat pada VG third party cepat mengelupas.

    mungkin itu saja, kalau fungsi saya rasa sama saja sih.

  32. array

    Om.. kebetulan saya juga make 400D, yg mau saya tanyakan kekurangan dan kelebihan BG/VG 3rd party yg harganya lebih miring dibandingkan BG/VG yg ori.

    Mohon masukannya ya Om

  33. eko wah yu.s

    @insan…
    kalo budget berlebih.. mungkin lensa bisa didulukan…
    tapi kalo seperti saya kemaren.. gara pusing mo beli lensa belon ada budget, akhirnya budget yg ada dibelikan VG dulu… he he he.

    eh… selang beberapa hari ternyata 17-40L juga kebeli…

    kalo bisa beli 2-2nya malah lebih bagus lagi…

  34. Insan

    wew.. makasih penjelasannya om.. sangat bermanfaat.

    hmmm.. beli VG + batere atau beli lensa yah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>