«

Jul 11

DIY bike lamp – kreativitas tanpa batas

Kali ini saya akan berbagi tentang kreativitas (bahasa keren untuk ngakal) terkait dengan kegiatan bersepeda di malam hari, yaitu PENERANGAN untuk sepeda.

Di pasaran, sebenarnya sudah banyak produk BIKE LAMP yang cukup melegenda, seperti Cat Eye, Nite Rider, dll yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Namun berdasarkan pengalaman, untuk mendapatkan kualitas penerangan yang memadai berbanding lurus dengan dana yang dikeluarkan. Produk Cat eye misalnya, untuk tipe Sumo, harganya sudah di atas 1,5 juta, dan untuk Nite Rider, bahkan di kisaran 2 juta rupiah. 

Untuk produk Cat Eye yang harganya di bawah 1 juta, besaran daya outputnya tidak lebih dari 540 candle power dan sebagai perbandingan, tipe Sumo yang merupakan produk high end di Cat Eye menghasilkan 3500 candle power.

Nah, di sisi lain, ada pabrikan yang menggunakan satuan LUMENS misalnya Nite Rider, dimana untuk tipe dengan harga yang mirip dengan Cat Eye Sumo, yaitu Pro Race 1200, kekuatannya adalah 1200 lumens yang jauh lebih terang dibandingkan dengan Sumo.

Untuk detil tentang CANDLE POWER vs LUMENS, silakan kunjungi link ini: LINK

Nah, ada yang menarik dari perbandingan di atas yaitu bagaimana mendapatkan keluaran cahaya yang cukup dengan budget yang cukup juga. Opsi yang saya pilih adalah memanfaatkan HEADLAMP dari pabrikan FENIX untuk digunakan bersepeda.

Di sini saya menggunakan 2 buah Fenix HP-15 dengan kekuatan masing-masing 500 lumens maks, dan 275 pada posisi HIGH untuk dipasang di helm dan handlebar. Dengan asumsi menggunakan 2×500 lumens, saya bisa mendapatkan average total sampai 1000 lumens pada 2 titik yang berbeda, yaitu fixed spot pada handlebar dan variable spot pada helm.

Untuk mencapai tujuan ini perlu dilakukan sedikit modifikasi pada headlamp tersebut.

Alat dan bahan yang digunakan cukup sederhana:

untuk pemasangan di helm yang dibutuhkan adalah:
1. Velcro
2. Elastic Strap
3. Karet Ban bekas

sedangkan untuk di handlebar yang dibutuhkan adalah:
1. Mounting Cat Eye
2. Velcro
3. Elastic Strap
4. Mur baut 2 ukuran

Silakan lihat gambar berikut dan simpulkan sendiri cara pemasangannya

dijamin terjangkau, dapat dua lampu dengan kekuatan yang luar biasa dan sewaktu waktu bisa digunakan untuk keperluan yang lain misalnya Camping, Working at Night, dll.

Selamat mencoba

hasta-karya

 

PhotoGrid_1404905812277

3 comments

  1. Al-Jawi

    Mantap bener nih mas, lanjutkan kreativitasmu mas!

  2. Toko Bunga

    Ok Gan ntar saya coba..thanks gan

  3. Sewa Tenda

    kira” habis berapa gan untuk ini semua?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>