«

»

Apr 14

Mountain Biking – ketika nyali aja gak cukup

Judul yang seolah-olah sangat provokatif dan underestimate.

Tapi memang benar demikian adanya. Olah raga Mountain Biking atau lebih sering disebut MTB dengan beberapa genre yang mendekati tataran high-risk (AM – FR – DH) membutuhkan banyak hal selain hanya NYALI. Ada dua hal penting yang perlu benar-benar diperhatikan saat kita ingin memanjakan diri bermain sepeda gunung. Dua hal tersebut adalah

1. Skill dan Teknik – sesuatu yang perlu dilatih dan diasah secara rutin sehingga jika dikombinasikan dengan NYALI akan sangat signifikan hasilnya.

2. Safety – Banyak pilihan untuk melengkapi diri dengan perangkat keselamatan (safety gears) ketika bersepeda gunung. Yang paling minim adalah HELM, disusul dengan Knee Pad / Shin Guard, Elbow Guard, Chest Protector dan yang terakhir Neck Brace. 

Untuk skill dan teknik, prinsip dasarnya sebenarnya gampang. Latihan dan Latihan. Tidak ada ceritanya kita tiba-tiba langsung bisa melibas belokan dengan teknik cornering yang sempurna, atau tiba-tiba kita melewati drop off walaupun hanya setinggi 50 cm lalu bisa landing dengan sempurna. Semuanya butuh latihan dan penguasaan teknik yang mumpuni. Tidak jarang ketika seseorang hanya bermodal NYALI, yang ditemui pada akhirnya adalah luka-luka, bahkan pada tataran ekstrim adalah PATAH TULANG.

Selanjutnya adalah perangkat keselamatan. HELM memang yang utama. Tanpa helm yang mumpuni, jangan coba-coba mencari perkara dengan bermain sepeda gunung apalagi untuk genre AM-FR maupun DH. Helm adalah komponen VITAL yang melindungi kepala kita ketika terjadi benturan. Tidak jarang meskipun pakai helm yang standar pun, risiko gegar otak masih bisa ditemui ketika teknik jatuhan tidak sempurna dan kepala terbentur terlalu keras.

Knee Pad adalah komponen kedua yang penting dalam menunjang keamanan bersepeda. Lutut adalah komponen penyangga tubuh yang sangat beresiko tinggi apabila terkena benturan keras. Jangankan sampai tempurung lutut retak, hanya berubah tempat saja sudah bisa membuat seseorang tidak bisa berjalan berbulan-bulan.

Shin Guard atau pelindung tulang kering (yang biasanya menjadi satu dengan kneepad) adalah pilihan perangkat keselamatan lainnya. Dia bisa melindungi tulang kering dari benturan terhadap bebatuan, pohon, ata bahkan pedal sepeda pun yang kadang-kadang juga bisa menyebabkan luka serius.

Elbow Guard atau pelindung siku adalah opsi berikutnya. Silakan dicoba sendiri apa yang terjadi jika siku kita terkena benturan. Istilah jawabnya “kesetrum” adalah sensasi saat siku terkena benturan. Dalam kondisi ekstrim, ini bisa berakibat fatal dan menyebabkan fungsi tangan mejadi tidak maksimal.

Chest Protector atau pelindung dada (dan sekaligus tulang belakang/backbone) adalah perangkat keselamatan berikutnya jika kita sudah mulai bermain sepeda pada tahapan lebih, yaitu dengan resiko yang lebih tinggi… misalnya high speed trailing sampai ke Downhill (DH). Benturan pada tulang rusuk, dada, dan tulang belakang bisa berakibat fatal. Tidak jarang yang terjadi di lapangan adalah ketika jatuh, posisi handlebar / stem berada di depan dada dan langsung menghujam dada, bisa dibayangkan sendiri apa risikonya. Demikian pula bagian tulang belakang. Yang tidak terbiasa membawa backpack mungkin akan lebih beresiko tinggi apabila tulang belakang mengalami benturan. INGAT !! Tulang belakang adalah PUSAT SYARAF manusia, sedikit terjadi kesalahan bisa berakibat SANGA FATAL.

Neck Brace adalah perangkat terakhir dengan tingkat risiko paling tinggi. Neck Brace melindungi leher Anda dari gerakan yang berlebihan saat kepala (helm) mengalami benturan. Neck brace membatasi gerakan kepala hanya untuk bisa tengok kanan dan kiri, tanpa gerakan berlebih ke atas dan ke bawah, ke samping kanan dan kiri. Dengan Neck Brace, leher bisa terlindungi dan mengurangi risiko cedera serius.

Terlepas dari semua perangkat keselamtan di atas, yang paling utama adalah DOA. Biasakan berdoa sebelum mulai bersepeda, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di Track.

Tuhan bersama orang-orang yang berseped a….

 

nyali-gak-cukup

 

 

416475_657748204253648_873760032_o

 

12

 

 

1970733_797981233563677_598121009_n

 

 

IMG_4619

 

hakuhorapopo

1 comment

  1. Toko Bunga

    Benar nyali saja nggak cukup gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>