Apr 11

Track Sirah Kencong – Pesona luar biasa semoga tetap terjaga

Puji syukur kepada Allah SWT yang masih memberikan kesehatan, kelonggaran waktu dan kesempatan kepada kita semua sehingga atas perkenanNya kita bisa tetap bersepeda sebagai realisasi dari semboyan yang baru-baru ini ngetrend, “Tuhan bersama orang-orang yag besepedah”.

pertama-tama saya ucakpan terima kasih kepada Pak Yamek Matadewa yang konon kabarnya adalah yang pertama kali memperkenalkan Track Sirah Kencong kepada para penggiat MTB Adventure

yang kedua, saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman BFB, Cak Arif, Cak Ovan dan kawan-kawan Blitar atas undangannya mencicipi track Sirah Kencong.

yang ketiga, terima kasih kepada teman-teman KoskasMalang:
Pak Kades, yang dengan penuh tanggung jawab dan kebapakannya menuntun kita semua menuju persaudaraan yang indah ini.
LeoPerry, sebagai pembuka, penggagas sekaligus pendiri KoskasMalang sehingga bisa tetap eksis sampai hari ini.
Rulisk, yang walaupun sudah tidak berada di Malang tapi tetap dengan semangat Jiwa Koskasnya.
Wafa yang selalu setia bersama Rulisk dengan armada angkutnya dari Gresik menuju ke Malang
Yoga, sebagai pelopor Men Elite di KoskasMalang … yang rela menempuh perjalanan jauh dari Gadang ke Kacuk demi ikut berpatisipasi dalam agenda ini, dan
Sempron yang selalu ada cerita pengisi waktu saat menempuh perjalanan dari Malang ke Blitar dan balik lagi Malang

Tak lupa kepada Cak Indra, sopir pickup langganan yang luar biasa saat menjejalah makadam ancur menuju titik unloading di Sirah Kencong.

You are all luar biasaaaa…

Sirah Kencong ….. sudah lama sebenarnya kita mengagendakannya … berulang-kali dihembuskan rencana ini, tapi selalu gagal dan gagal. Salah satu faktor yang memunculkan keraguan saat itu adalah JARAK TEMPUH dan TEKNIS PELAKSANAAN karena awalnya informasi yang beredar bahwa mulai start sampai FINISH membutuhkan waktu seharian penuh (bahkan finishnya sampai jam 20.00 WIB), sehingga waktu, biaya dan akomodasi menjadi pertimbangan utama dan menjadi penghalang saat kita merencanakan untuk ke sana.

Setelah ada informasi terbaru tentang Track Sirah Kencong yang disampaikan oleh Cak Arif, total waktu tempuh di Track sebenarnya tidak lebih dari 4-5 jam, dan terbukti saat kemaren ke sana, total waktu tempuh mulai START dari Balai Desa Semen loading ke atas sampai FINISH kembali hanya memakan waktu kurang lebih 6 jam. Itu pun karena peserta yang cukup banyak. Dimungkinkan kalau jumlah peserta terbatas waktu tempuh bisa dipersingkat, terutama karena faktor trouble dan saling menunggu yang bisa dihilangkan.

Sekedar gambaran, kami mulai berkemas dari Malang sekitar pukul 04.30 WIB (WW dan Sempron duluan) disusul oleh Kades dan Sopir Truck sekitar jam 05.15 WIB. Sepeda sudah diloading ke Pickup malam hari sebelumnya sehingga cukup bisa menyingkat waktu untuk loading. Sekitar pukul 05.30. kami mulai bergerak ke arah Kacuk untuk menjemput Yoga. Setelah menunggu beberapa saat, kira-kira jam 07.00 an kita mulai TAKE OFF. (Rencana AWAL, jam 05.00 itu sudah dianggap TAKE OFF). Sampai di Balai Desa Semen kurang lebih pukul 08.00. Jadi total perjalanan Malang – Semen kondisi standar bisa ditempuh dalam waktu 1,5-2 jam.

Setelah sampai di Balai Desa Semen, kita langsung bertemu teman-teman yang lain, ada rombongan Gojel dan juga rombongan BFB sendiri. Sambil menunggu teman-teman loading sepedah ke truck, kita bertujuh menyempatkan untuk sarapan pagi dulu karena jelas di atas tidak ada warung dan kemungkinan untuk masak pun bisa dibilang minim karena ini rombongan cukup besar. Mungkin hanya bikin kopi saja yang dirasa masuk akal.

Kurang lebih pukul 09.00 WIB kita mulai berangkat menuju titik start. Jalan cukup menyulitkan kendaran karena kondisi makadam yang rusak berat. Tapi dengan penuh perjuangan akhirnya sampailah kita di titik start.

Menurut informasi, sebenarnya untuk kendaraan kecil (pickup), dari titik start ini masih bisa dibawa nanjak lagi sampai ke atas (ukir negoro), tapi kita memutuskan untuk mancal bersama-sama menuju Puncak Ukir Negoro.

tanjakan demi tanjakan pun kita lalui. Dari sekian banyak tanjakan, hanya 1 tanjakan yang tidak bisa dipancal karena kondisi tanahnya penuh lumut dan rumput. Selain 1 tanjakan ini bisa dibilang hampi semua masih PANCALABLE alias bisa dipancal.

Setelah berjibaku dengan tanjakan makadam dan tanah, kita pun sampai di Puncak Ukir Negoro, di ketinggian 1323 MDPL. Luaaaar biasa ….Untungnya kondisi di puncak ukir negoro cukup teduh akibat mendung dan kabut. Kalo kondisi cuaca lagi terik rasanya kurang pas kalo dijadikan titik hentian untuk ngopi.

Setelah ngopi, tarik nafas, dan berfoto bersama… kami pun mulai siap-siap melahap turunan. yah … TURUNAN YANG BENAR-BENAR LUAR BIASA … sampai-2 saya tidak sempat berhenti untuk ambil foto dan benar-benar terpesona dengan keindahan, kontur tanah, dan belokan-belokan tajam yang cukup membuat adrenalin semakin terpacu tinggi.

Sayang sekali… turunan ini bisa dibilang agak pendek…. dan begitu sampai di check point, saya pun langsung bertanya ke teman-teman Blitar, abis ini masuk hutan lagi gak?? dijawab dengan senyum: IYA hahahahaha …. hampir saja saya lemess kalo tidak dijawab demikian. Yah… masih banyak turunan di depan .. dengan track yang juga cukup menguras nafas dan adrenalin. Bagi yang pernah ke Track Ngadirejo, akan Anda temui track yang mirip … turunan tajam dengan belokan tajam, di tengah rimbunan semak belukar. Dan salah satu spot yang kita lewati adalah Air Terjun Kawisari. Sayang sekali, baterai kamera saya sudah habis dan juga hujan mulai turun saat tiba di Air Terjun sehingga niat awal untuk masuk lebih dalam dan melihat keindahan air terjun ini.

Setelah Air Terjun Kawisari, kita masih melahap sedikit tanjakan yang kemudian disusul lagi dengan turunan yang juga LUAR BIASA … Layaknya hamparan permadani berwarna hijau, itulah track yang kita lalui… single track full dengan rerumputan yang tebal …juga ada yang disebut dengan TEROWONGAN CINTA … sebuah single track dengan tanaman peneduh yang membentuk sebuah lorong….

Finish dari track ngadirejo, kita sampai di perkampungan … dan tampaknya di sinilah akhir perjalanan kami kali ini…..

Sebuah perjalanan yang epic dan luar biasa menyenangkan ……semoga next time KoskasMalang bisa lengkap FULL TEAM untuk ke sana ….

MERDEEEKAAAAAAA

Foto-foto sekilas ….

permadani (Large)

terowongan-cinta

kedamaian

suket

1 comment

1. Rangga Herdika

Duhhhhh, jadi pengen kesana gannn