«

»

Nov 16

Pasang Repeater Kantor – enak juga kalo pake tower

Genap dua minggu ini, stasiun repeater kantor sudah beroperasi, setelah sekian lama nebeng tempat di rumah. Pemindahan repeater ini disamping untuk memudahkan koordinasi, pengecekan dan perawatan, juga untuk memposisikan repeater pada titik nol sehingga coverage area komunikasi seluruh titik di kantor bisa terjangkau.

Dengan sedikit penyempurnaan, repeater ini menggunakan tower triangle sebagai tiang (tidak seperti pada saat di rumah yang menggunakan pipa), sehingga kekuatannya lebih maksimal dan juga memudahkan teknisi untuk bongkar pasang antena.

Repeater ini merupakan hasil akhir dari pengembangan eksperimen repeater yang dulu saya lakukan. Dengan berbagai penyesuaian, akhirnya hasil akhirnya adalah sebagai berikut:

1. Radio RX menggunakan Alinco DJ-180
2. Radio TX menggunakan Kenwood TM-221A
3. Interface dan filter menggunakan rakitan COR dan filter sederhana.
4. Power supply menggunakan rakitan 20 Ampere.
5. Antena menggunakan 2 buah Antena Telex lokal dengan panjang kabel 35 meter untuk RX dan 15 meter untuk TX.
6. Tower triangle terdiri dari 2 stack @4 meter, sehingga total ketinggian tower adalah 8 meter yang dipasang di atap lantai 3.
7. Estimasi total ketinggian adalah +/- 30 meter dari permukaan tanah

Karena sifat repeater ini adalah lokal, dan tidak membutuhkan jangkauan yang terlalu jauh, maka output daya pada radio TX hanya pada 8 watt. Kendala yang terjadi di lapangan adalah karena posisi repeater yang berada di tengah kota, maka efek spurious signal, apalagi pada malam hari tidak bisa dihindarkan. Tetapi setidak-tidaknya, pada siang hari repeater ini sudah dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Istilahlnya, ketika rekan-rekan kantor berada di manapun selama lokasi kantor maka pancaran sinyal mereka akan dapat diterima dengan baik, meskipun terganggu oleh RF / noise yang dikeluarkan oleh komputer.

Radio RX, TX, Power Supply dan Interface COR/Filter saya rakit jadi satu ke dalam box CPU bekas sehingga lebih rapi dan mudah dalam penempatannya. Tambahan lagi, bagi yang tidak tahu menahu tentang radio komunikasi, mungkin repeater ini dianggap sebagai perangkat komputer karena ditempatkan di sekitar komputer.

Sebagai catatan akhir, sambil menunggu perkembangan lebih lanjut, dimungkinkan untuk lebih meningkatkan kemampuan repeater ini dari sisi kualitas maupun jangkauan dengan memikirkan masalah cavity filter yang lebih bagus sehingga pancaran TX tidak terlalu mempengaruhi penerimaan RX dan juga mencegah spurious signal untuk masuk ke dalam radio RX.

Namun secara keseluruhan, hasil awal pemasangan repeater ini sudah cukup memuaskan.

9 comments

Skip to comment form

  1. indra

    ini di kantor kecamatan kelapa nunggal yah?

  2. ST Pang

    Ok siip lanjutkan

  3. John

    Hi sir,, may i know where to connect the 5volts out of the dj 180 for the recieve of the repeater.

  4. Riza

    Om

    mau nanya kalau kita mau pasang repeater bisanya dikenakan sewa berapa ?

    mohon infonya yaa, terima kasih

    salam

    riza
    08128112919

  5. adi

    mas mohon bantuannya dong minta rangkaian skematik untuk COR dan filternya. terima kasih

  6. ary

    sya pernah baca filter cavity di sini
    http://www.berniaga.com/Filter+RPU+REPEATER+UHF+VHF+2M+tanpa+spleter-8768031.htm

  7. dian

    slmt malam. mhn bantuannya utk menentukan titik cos dari dj180 krn rencana saya juga ingin belajar membuat repeater dan kebetulan ada HT dj180. tapi saya kesulitan untuk mencari pin out cos dari dj 180. mhn saran dan klw bisa di krm ke cdrw23@yahoo.co.id.
    terimKASIH atas bantuannya..

    salam

  8. bang jefri

    repetaernya pake cavity filter juga ya mas

  9. ADAbisnis.com

    Mungkin perlu untuk mencari frekuensi penerima dan pemancar yang tidak saling mempengaruhi.. spy bs bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>